SMP BAKTI MULYA 400 KIRIMKAN DUTA MISI BUDAYA INDONESIA KE KOREA SELATAN

SMP Bakti Mulya 400 Jakarta tepatnya di Jl. RA. Kartini, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengirimkan Siswa-siswanya sebagai Duta Misi Budaya Indonesia ke Korea Selatan tanggal 20-27 Juni 2019.

Hari ini Sabtu, 22 Juni 2019, bertempat di Gd Tae PyongMu, Anseong Korea Selatan, 16 siswa SMP Bakti Mulya 400 memukau penonton. Mereka membawakan Tari Rantak yang berasal dari Sumatera Barat.

Rantak diadaptasi dari kata hentak (langkah kaki dengan keras). Tari Rantak terkenal dengan gerakan yang tegas dan dinamis. Salah satu ciri khas sekaligus daya tarik dari pertunjukan tari ini terletak pada gerakan menghentakan kaki ke lantai sehingga menimbulkan bunyi-bunyian khas. Hentakan kaki ini sesuai dengan ketegasan gerak penari dan diimbangi dengan musik yang bertempo cepat.

Festival Anseong sendiri merupakan event populer yang diselenggarakan pada musim panas. Kegiatan ini cukup meriah karena ditampilkan tari berbagai daerah di Korea maupun mancanegara.

Pada tahun ini, tim tari siswa SMP Bakti Mulya 400 mendapat kesempatan tampil pada forum tersebut. Tim yang dikoordinir oleh Novini Nilakusumah telah tampil dengan lancar dan prima.

Seni tradisional merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Untuk menanam kecintaan pada budaya tersebut, Sekolah Bakti Mulya 400 memberi kesempatan agar siswa bisa tampil di festival dunia. Sekaligus menyiapkan kesadaran menjadi bagian dari warga dunia.

Hal ini sesuai dengan tagline SMP Bakti Mulya 400 yang selalu menanamkan nilai-nilai Islamic, Smart, Responsible, Nationalist, Competitive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *